Friday, March 23, 2012

sending Yen

sebenernya posting ini ga penting-penting amat. hanya aja, saya perlu mencatat kembali agar nanti kalau ada kejadian harus transfer bisa di-retrive. keperluan transfer kemarin adalah untuk SIGA Japan Participation Fee sebesar ¥2,389,000. banyak kaaan ... bayangkan aja kalau harus transfer via bank milik Indonesia, yang akan diperlakukan sebagai transaksi jual beli valas sebelum ditransfer bener ke rekening di sana. 

setelah mencari-cari cara termudah dan termurah untuk mengirim, ditemukanlah Bank of Tokyo Mitsubishi UFG di MidPlaza 1 Jl. Jend. Sudirman untuk mengirimnya. untuk mengirim via BoT MUFG ini tidak perlu memiliki Saving Account di banknya dulu. pengurusan pembukaan Saving Account sendiri sangat sulit karena harus mendapatkan rekomendasi dari mereka yang sudah memiliki rekening di bank tersebut. kita diperlakukan sebagai Walking Customer dan berurusan dengan Customer Service terlebih dahulu sebelum diarahkan untuk menyerahkan JPY tersebut ke kasir. sebelum transaksi berlangsung, ada baiknya bank note diperiksa dulu di kasir. pada saat kami melakukan transaksi, ada 8 lembar @ ¥10,000 yang catat dan tidak lolos pemeriksaan. itu perlu diganti terlebih dahulu.

formulir remittence yang diisi cukup sederhana tetapi harus diisi selengkap mungkin. dan pastikan beberapa hal untuk diketahui terlebih dahulu untuk pengisian formulir, yaitu:
  • nomor account penerima
  • nama penerima
  • alamat penerima
  • nomor telepon penerima
  • nama bank penerima (tidak boleh Bank Post atau internet bank, harus bank konvensional)
  • alamat bank penerima beserta nama cabangnya
  • swift code bank penerima
  • tujuan pengiriman (kalau ini sesuai dengan ketentuan BI)
yang diperlukan dari pihak pengirim adalah kartu identitas dan kartu NPWP. pihak customer service dan pihak teller akan membutuhkan kedua kartu untuk kemudian mereka copy. dari jumlah yang disebutkan di atas, pada tanggal 21 kemarin kami dikenai biaya total IDR686.620. itu sudah termasuk perhitungan value added tax.

perhatikan juga tanggalan Jepang untuk memastikan bahwa pada saat kita bertransaksi di Jepang bukan hari libur. dan perhatikan juga bahwa jam operasional BoT MUFG adalah 08.15 s.d. 14.15.

No comments: