Sunday, October 01, 2017

modus penipuan dengan mengatasnamakan XL

allow me to address this in Bahasa Indonesia.
semalam, saya mendapat sms dari orang (yang sekarang sudah saya blok nomornya), sebagai berikut:


"Asalam mualaikum kakak atau abang sya Asvia kasir indomaret batam tadi ada pelanggan kmi beli pocer listrik tapi kata sandi token nya sya salah kirim terkirim ke no ponsel  kakak atau abang karna no ponsek nya 2 angkah belakang nya hampir sama saya minta tolong bisa2 saya di pecat karna kecerobohan saya jadi saya minta tolong kakak atau abang kalau ada sms kata sandi token yg masuk di hp nya tolong sms nya disalin dan kirim balik ke saya pesan nya saya cuma minta tolong saya mohon karna kata sandi token itu bersifat rahasia tolong biasanya sms nya dari xl axiata sebelum nya maaf kalau ngerepotin salam dan terima kasih Asvia"

(sengaja saya tampilkan nomornya biar menjadi perhatian untuk semua). saya nggak liat yang dikirim oleh XL-Axiata, karena memang yang dari XL dan semua iklan pop-up yang masuk ke hape selalu saya mute. biar nggak mengganggu aja. tetapi saya sempat baca sms panjang dari pencuri nomor hape ini. dan pikir saya, kalau token listrik ... kenapa juga notifikasinya ke nomor hape! dan kalau memang itu soal kerjaan (hajat hidup dia sekeluarga lah), mbok ya nelepon (walaupun paling saya udah blok juga karena saya nggak mau ngangkat nomor asing). 


ketika buka e-mail (pukul 9 malam) di akun yang terkoneksi dengan nomor XL saya, ada notifikasi juga. perihal yang sama. agak panik, karena artinya ini serius. tapi tetap harus tenang! jadi saya cek aplikasi my XL saya di hape saya, dan memang ketika saya mau ganti password dengan password yang saya tau itu password saya, sudah tidak bisa. saya memasukkan password dari XL yang dikirim ke hape dan e-mail, dan langsung menggantinya.




pencurian nomor seperti ini jangan dianggap sepele. dan pastikan kita langsung mengganti password-nya. pencurian nomor ini akan dapat digunakan untuk mengisi ulang pulsa, mengakses mobile/internet banking, dan (seperti saya, mungkin yang lain juga memanfaatkan fasilitas ini) kartu loyalitas serta keanggotaan di beberapa penyedia pelayanan publik.


No comments: