Monday, February 17, 2014

a4 or letter

Yang sering ngumpulin tugas waktu kuliah pasti tau arti penting ukuran kertas. Pilihan waktu mulai buat tulisan pun tersedia. Kalau di MacBook ada pilihan "International" atau "US" size, kalau di program Microsoft Word biasa adanya Letter, Legal, A4, A5, B5. Agak rempong kemarin pas lagi punya niat mau ngejilid tugas-tugas waktu kuliah di Amerika. Masalahnya semua print-out kertas ternyata Letter/Quarto size. Ijazah dan sertifikat pun semua dalam ukuran Letter.

Memang waktu di Georgetown kemarin kalau numpang nge-print di kampus hasilnya pasti Letter print-out. Di apartemen Joyce pun kalau nge-print keluarnya Letter. Padahal otak ini terbiasa ngeprint di A4 dan semua setting -di laptop kantor yang segede batu bata ini dan di MacBook yang walaupun ringan berasa berat juga kalau dipanggul terus-, adalah A4. Jadilah kalau submit PR itu font jadi kecil-kecil.

Di Amerika, susah banget nyari kertas untuk print yang ukurannya A4 dan F4. Tapi baru di Amerika saya bisa nemu kertas sesungguhnya yang berukuran Legal dan dijual bebas (kaya' obat generik). Tau kan, ukuran Legal? Ukuran tersebut lebih panjang 1 inch dibandingkan ukuran Folio (F4) yang 8,5 x 13 inch. Kadang suka 'bengong and takjub' aja kalau ada orang di kantor yang maksa banget ngeprint hasil kerjanya yang nyata-nyata dibuat di kertas Legal tapi di print di kertas F4. Alhasil nomor halamannya nyungsep ga keliatan! Tapi orang di kantor ini cukup cerdas untuk 'mengakali' tidak adanya pilihan F4 di word processornya. Dibuatlah margin bottom sebesar 2 inch. Kalau di print, ga akan keliatan kalau ngerjainnya di kerta Legal. Tapi kalau di-convert-kan ke pdf, keliatan banget ga cerdasnya yang buat :).

Ada pilihan lebih terpelajar untuk membuat setting sendiri (custom size) di word processor untuk F4, yaitu ukuran 8,5 x 13 inch. Secara umum terlihat kalau mereka yang punya latar belakang eksakta yang kuat (kaya' saya :), tapi ga kuat-kuat aja siy) biasanya yang sangat memperhatikan hal-hal kecil kaya' gini. Orang eksakta terdampar di ruang sosial yang maha berkuasa di tempat ini sepertinya harus menjerit dalam hati sendiri.

Dan terjadi kelangkaan kertas Quarto di kantor ini. Nyari dari ujung ke ujung, hanya ada satu tempat yang punya Quarto, yaitu Toko Koperasi. Dan itu kertas satu rim udah kepecah ga jelas. Kaya'nya memang pada ga suka pake' Quarto di kantor ini, jadinya Bagian Pengadaan ga menyediakan kertas ukuran ini.

Kesimpulan: A4 Quarto/Letter. F4 Legal.

No comments: