Monday, November 02, 2015

visa schengen

ngurus visa schengen untuk ketemu Tilda :D. buat janjinya jam 7:30-7:45 di German Embassy. baru dipanggil di loket jam 8:30an. tapi itu nunggu di dalam. antrenya yang bikin males adalah karena paspor dinas itu ada banyak banget yang antre. itulah ... penyakit akhir tahun. ngabisin anggaran sepertinya. ada tiga kelompok dan dua perorangan yang ngantre paspor dinas pagi tadi. yang tiga kelompok itu, masing-masing terdiri dari tiga orang, delapan orang, dan sembilan orang. berasa dooong ... ngantrenya.

anyway ... untuk biaya hari ini dikenakan IDR910.000 (60).
semua kelengkapan berkas udah disiapkan dan disediain copy-nya. ada anak yang kaya'nya mau balik kuliah, karena tabungannya ga cukup, disuruh balik jam 11 ngelengkapin itu berkas dengan tabungan orang tuanya. kasihan.
ada yang ngantri untuk visit juga, tapi verpflichtungserklärungnya ga ada copynya. ga diomelin sama mas-mas yang di sana. masnya buat copy sendiri. enak siy. di akhir dia akan ngeprint resume dari pengajuan kita, dan disuruh koreksi, terus dibalikin lagi ke mereka dengan kita dikasih tiket untuk pengambilan sepekan yang akan datang.

verpflichtungserklärung-nya yang asli disuruh simpan untuk disiapkan pas di bandara sana. surat nikah mama dan papanya Tilda juga disuruh siapkan. jaga-jaga aja.

1 comment:

it's me ... i-in said...

and collected the visa on Monday, with only less than five minutes process. no security checking because we collected it outside the building, near the entrance.